17 April 2016

Lampung Timur, Buaya Berukuran Empat Meter berhasil ditangkap Warga

buaya 4 mater lampung timur
Buaya yang berhasil ditangkap warga di Lampung Timur (FOTO: ANTARA Lampung/Muklasin)


KaliandaNews.com, Lampung Timur – Seekor buaya yang berukuran cukup besar berhasil ditangkap warga Lampung Timur di Sungai (Way) Penet Desa Sukorahayu, Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur, Jumat (15/4) petang.

Buaya yang mempunyai  panjang sekitar 4 meter dan diameter perut 45 cm tersebut, sebenarnya merupakan target warga sejak lama,  lantaran kerap memangsa hewan ternak seperti kambing, bahkan menurut warga, pernah akan memangsa kerbau dan sapi yang ditambatkan di pinggir sungai Penet namun berhasil di gagalkan.

Khawatir buaya itu membahayakan manusia, maka buaya tersebut  sengaja ditangkap oleh warga yang berdomisili di sekitar Way Penet.

Menurut Sujianto, warga desa setempat yang ikut menangkap buaya tersebut mengatakan, buaya liar itu berhasil ditangkap pada pukul 17.00 WIB di Sungai (Way) Penet.

"Kami pancing buaya itu dengan menggunakan pancing yang diberi pakan unggas, setelah buaya tersebut memakan umpannya akhirnya dapat ditangkap dengan menggunakan jerat yang sudah disiapkan," katanya seperti dikutip dari Kantor Berita Antara.

Bambang Suarto, Kepala Resort Seksi III Kuala Penet Balai Besar Taman Nasional Way Kambas mengatakan, dengan penangkapan buaya tersebut oleh warga, pihaknya untuk sementara akan mengamankan buaya itu dan selanjutnya akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumberdaya Daya Alam Provinsi Lampung.

"Kami dari Balai TNWK sementara akan mengamankan buaya tersebut, selanjutnya nanti akan diserahkan ke BKSDA Lampung," ujarnya.

Buaya hasil tangkapan warga tersebut, kini  menjadi tontonan ratusan warga sekitar.

(Editor: kld | Sumber: Antara)

Berita Terbaru