16 April 2016

Support Program Perpuseru, Bupati Lampung Selatan dapat Penghargaandari Coca-Cola dan Bill & Melinda Gates Foundation

perpuseru lampung selatan
Foto: ist

KaliandaNews.com – Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan mendapat penghargaan sebagai salah satu Kepala Daerah yang mensuport program Perpuseru. Di Westin Resort Nusa Dua, Bali, Kamis (14/4/16).

Hadir pula dalam acara tersebut Plt. Kepala Perpustakaan Daerah Lampung Selatan Dr. Yarnita dan Sugeng Hariyono yang merupakan pejuang literasi asal Desa Pematang Pasir.

Penghargaan serupa diberikan kepada 98 Kabupaten/Kota dari seluruh Indonesia yang consern terhadap pengembangan perpustakaan di daerah masing-masing.

Menurut Direktur Program Perpuseru, Erlyn Sulistyaningsih, Program PerpuSeru sendiri merupakan program pengembangan perpustakaan yang didukung oleh Coca-Cola Foundation Indonesia dan Bill & Melinda Gates Foundation, sejak Novembaer 2011, yang bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dengan tujuan dapat memberikan dampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

“Beberapa dampak nyata yang sudah dirasakan melalui program ini adalah peningkatan kualitas hidup masyarakat. Diantaranya, menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan prestasi pendidikan, meningkatkan pengetahuan kesehatan, sebagai media aktualisasi diri, terciptanya peer support group di antara masyarakat, menyalurkan hobi serta pengembangan usaha di masyarakat,” katanya kepada awak media.

Karena itu, Erlyn berpandangan bahwa pengembangan perpustakaan sangatlah penting, dan pengembangan yang luas akan memberikan dampak bagi masyarakat yang lebih luas lagi. “Masyarakat membutuhkan akses terhadap informasi untuk membantu mengembangkan dirinya dan meningkatkan kualitas hidupnya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, diberikan juga penghargaan bagi daerah-daerah yang telah berhasil mengembangkan perpustakaannya melalui anggaran sendiri, bukan bantuan dari pihak lain.

Bukan tanpa alasan Kabupaten Lampung Selatan menjadi salah satu daerah yang mendapatkan penghargaan dalam dunia literasi tersebut, sebab di Lampung Selatan muncul sosok Sugeng Hariyono yang selama ini bergerak aktif dalam pengembangan perpustakaan di tingkat desa. Berkat kegigihan beliau pula perpustakaan Daerah Lampung Selatan dibidik Coca-Cola Foundation sebagai salah satu project Perpuseru.

sugeng hariyono
Foto: ist


Seperti diberitakan sebelumnya Sugeng Hariyono merupakan pendiri Motor Pustaka di Desa Pematang Pasir Kecamatan Ketapang, namanya mungkin asing bagi sebagian telinga masyarakat Lampung Selatan, tapi bagi pemerhati dunia perpustakaan tentu namanya sangat familiar, bahkan hampir seluruh Media Nasional baik elektronik, Online dan cetak  meliput kegiatan Sugeng Hariyono dalam menjalankan Motor Pustaka dan Tanah Pustaka.

[Baca Juga: Sugeng Hariyono, Pejuang Literasi dari Lampung Selatan]

“Pak Bupati sangat mendukung sekali, bahkan rencana kedepannya beliau siap membantu terwujudnya pendirian perpustakaan di setiap desa, bukan hanya ceremonial seperti yang sudah-sudah tapi pak bupati ingin perpustakaan tersebut berjalan aktif” terang Sugeng saat di konfirmasi KaliandaNews.com.

[Baca Juga: Mau main Komputer Plus Internetan Gratis? Datang Saja ke Perpustakaan Daerah Lamsel]

Dengan adanya Perpuseru, lanjut sugeng, ini menjadi momentum yang sangat baik untuk pengembangan perpustakaan di desa-desa, bukan hanya perpustakaan desa, kita juga consern terhadap pengembangan perpustakaan daerah. “ Alhamdulillah untuk tahap awal perpustakaan daerah kita sudah mendapat 3 unit komputer berikut jaringan internet dari Perpuseru, bagi yang ingin internetan datang saja ke perpusda, karena itu gratis.” Pungkas Sugeng. (kld)

Berita Terbaru