2 Januari 2017

Pokdarwis Desa Way Kalam Lamsel, Kembangkan Kerajinan Kaligrafi

Seni kaligrafi karya Pokdarwis Desa Way Kalam | Foto: ist
Kaliandanews.com, Penengahan -Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Way Kalam Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, tidak melulu mengurusi persoalan wisata saja, sebab kelompok yang memiliki 30 anggota ini ternyata memiliki workshop seni kaligrafi, yang belum lama dijalankan.

Menurut Ali Faqih (34) ketua Pokdarwis Desa Way kalam, seni kaligrafi ini mulai dikerjakan sekitar 4 bulan lalu dan dibuat oleh tangan-tangan terampil 6 anggotanya yang mempunyai keahlian seni ukir kaligrafi. Diharapkan dengan adanya worskhop kerajinan ini dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi untuk desanya, khususnya untuk para anggota Pokdarwis. Jika berkembang tidak menutup kemungkinan akan menciptakan lapangan kerja.


"Untuk bahan bakunya terbuat dari kayu yang didapat dari desa Way Kalam, selain itu ada triplex dan babiran (kulit kayu.red)" Kata Ali kepada Kaliandanews.com melalui pesan Whatsapp, minggu (1/1).

Ali juga menjelaskan bahwa, untuk menghasilkan 1 (satu) buah ukiran kaligrafi dibutuhkan waktu tidak kurang dari 2 (dua) hari, itupun jika digarap secara serius dan tergantung dari kerumitan desain.

Setelah jadi, menurut Ali, seni kaligrafi ini akan dipasarkan di Objek Wisata Air Terjun Way Kalam, tapi tidak menutup kemungkinan akan dipasarkan ke daerah lain jika nanti usaha ini berkembang.

"Untuk sementara kita pasarkan di wisata air terjun Way Kalam, pengunjung dapat membelinya disana sebagai cinderamata" Kata Ali.

Untuk membawa pulang satu buah kaligrafi yang indah dan tidak kalah dengan pengrajin dari luar ini, kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, sebab Pokdarwis hanya mematok harga mulai dari Rp. 80ribu sampai Rp. 150ribu, tergantung model, ukuran dan type. Tentu harga segitu sangat murah mengingat proses pembuatannya harus memiliki keahlian yang khusus.

Selain itu, Pokdarwis juga dapat melayani pesanan sesuai model yang diinginkan calon konsumen, calon konsumen cukup mendatangi workshop Pokdarwis di Desa Way Kalam atau bisa juga melalui line telepon/whatsapp di +62 812-7115-4156 (Ali Faqih | Ketua Pokdarwis Desa Way Kalam).

(Kld)


Berita Terbaru