7 Desember 2016

Lacofest 2016 dibuka, saatnya Kopi Robusta Lampung berjaya

Pembukaan Lacofest 2016 di Mall Boemi Kedaton, Rabu (7/12) | Foto: KN
Kaliandanews.com - Lampung Coffee Festival (Lacofest) 2016 digelar secara resmi di Atrium Mall Boemi Kedaton (MBK) Bandar Lampung selama dua hari, Rabu (7/12) hingga Kamis (9/12). Ajang yang baru pertama di gelar dilampung ini diikuti oleh puluhan pelaku usaha kopi dan diharapkan mampu mendongkrak pendapatan para pelaku bisnis kopi sekaligus mengedukasi masyarakat tentang perkopian.

Sekdaprov Lampung Sutono saat membuka acara ini mengatakan bahwa dengan event ini diharapkan dapat mengangkat kejayaan kopi robusta Lampung, karena kopi robusta Lampung sudah sangat terkenal sejak jaman dahulu sehingga harus menjadi merk dagangnya Lampung.

"Tentu saja goal dari acara ini bahwa kopi Lampung dikenal didunia internasional tetapi membawa keberkahan, oleh Dinas Perkebunan direncanakanlah festival kopi ini, dengan harapan pertama kopi lampung memang unggul bukan mengada-ngada dan ini sudah dinyatakan oleh barista-barista, kopi robusta Lampung mempunyai nilai yang sangat tinggi, mempunyai kualitas yang baik serta citra rasa yang bagus" Terang Sutono kepada media.

Selain itu, Sutono juga mengungkapkan bahwa festival ini sebagai permulaan, kedepannya kabupaten/kota penghasil kopi akan turut dilibatkan, apalagi Gubernur Lampung sedangkan menggalakan sektor pariwisata perkebunan salah satunya perkebunan kopi.

Harapan lain dari mantan sekda Lampung Selatan ini adalah dengan diadakannya estival semacam ini, para pengusaha kopi akan memberika apresiasi dengan memberikan harga yang tinggi terhadap kualitas kopi lampung, sehingga kesejahteraan petani kopi meningkat.

"Namun yang sangat penting bahwa kita meminta kepada komponen daerah bangsa kita ini, berilah apresiasi yang sepantasnya kepada petani-petani kita yang menghasilkan kopi ini, jadi jangan dihargai murah kopi kita ini, karena kopi kita bernilai tinggi" pungkas sutono.

Barista dari Els Coffee memeragakan cara penyajian kopi | Foto: KN
Dari pantauan kaliandanews.com, Lacofest 2016 diikuti oleh Puluhan kedai kopi dari berbagai daerah, tampak para barista memeragakan keahlian cara pengolahan kopi mulai proses menggiling, menyeduh hingga menyajikan, semua sangat atraktif. pengunjungpun antusias mencicipi semua jenis kopi terbaik yang di sajikan gratis tersebut. (kld/nz)
Ajang perdana bagi penikmat dan pelaku kopi ini diharapkan mampu meningkatkan konsumsi kopi dalam negeri. - See more at: https://www.gosumut.com/berita/baca/2016/12/03/gubernur-lampung-ajak-gemar-minum-kopi-robusta-lewat-lacofest#sthash.fqxELmtj.dpuf
Ajang perdana bagi penikmat dan pelaku kopi ini diharapkan mampu meningkatkan konsumsi kopi dalam negeri. - See more at: https://www.gosumut.com/berita/baca/2016/12/03/gubernur-lampung-ajak-gemar-minum-kopi-robusta-lewat-lacofest#sthash.fqxELmtj.dpuf

Berita Terbaru