1 Juni 2016

Menjelang Puasa Harga Ayam Potong Mulai Meningkat

Pedagang Ayam potong di Pasar Inpress Kalianda | Foto: KaliandaNews.com
Kaliandanews.com, Kalianda - Menjelang bulan Suci Ramadhan, harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan termasuk daging ayam di sejumlah pasar yang ada di Lampung Selatan.

Salah satunya di Pasar Inpres Kalianda, Rabu (01/06), harga daging ayam potong dan ayam hidup mengalami kenaikan sekitar Rp. 1.000 - Rp. 3.000.

Paini pedagang ayam potong di Pasar Inpres Kalianda ini mengatakan terjadi kenaikan sekitar Rp.3.000 dari harga normal menjelang bulan Suci Ramadhan.

"Udah mulai naik sih sekarang ini 33ribu perkilo, kalau sebelumnya masih 30ribu perkilo," ujar Paini kepada Kaliandanews.

Lain halnya dengan Tuti, salah satu pedagang ayam hidup ini mengungkapkan, harga mengalami kenaikan sekitar Rp.1.000 seminggu menjelang Ramadhan dan akan terus naik sampai bulan Ramadhan tiba.

"setiap hari naik 1000 kalau mau puasa, sekarang perkilo 23ribu. Naik terus setiap harinya 1000 pas mau puasa. Nanti turun lagi kalau udah puasa, trus naik lagi pas mau Lebaran," ungkap Tuti.

Para pedagang banyak mengeluh dengan kenaikan ini, karena berdampak pada penjualan ayam tersebut. "semoga aja gak ada kenaikan , soalnya pusing ngejualnya mas susah. " lanjut Tuti.

Hal ini juga berdampak pada pembeli daging ayam yang ikut merasakan kenaikannya. "Iya mas kalau mau puasa ini daging ayam jadi mahal, anak dirumah sukanya ayam jadi ya harus beli ayam," ucap Nurma salah satu PNS di Lampung Selatan ini.

Para pedagang dan pembeli berharap pihak terkait bisa berperan menstabilkan harga kebutuhan pokok termasuk harga daging ayam. (Kld)

Berita Terbaru